LAYANAN PUBLIK

PELAYANAN PRIMA PERADILAN

Salah satu bentuk pelayanan prima yang mempunyai nilai strategis sekaligus dapat menjadi ujung tombak pelayanan prima pengadilan adalah One Stop Service, lembaga One Stop Service merupakan bentuk mekanisme dan sistem kerja pelayanan perkara kepada para pihak pencari keadilan dengan lapayanan terpadu menggunakan satu pintu dimana semua urusan yang berkenaan dengan keperluan pengurusan adminitrasi perkara mulai adri pendaftaran sampai kepada pengurusan hasil dan pelaksanaan putusan diselesaikan sampai tuntas di One Stop Service. One Stop Service dilaksanakan di Institusi Peradilan dalam rangka reformasi birokrasi dalam mengkemas sistem pola Bindalmin melalui meja-meja yang lebih tertata, sistemik, sederhana, tuntas dan transparan, sehingga betul-betul mendukung asa peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan yang pada muaranya layanan inin dapat memberi kenyamanan, keamanan dan kepuasan bagi pencari keadilan yang sekaligus bertujuan secara internal untuk meningkatkan profesionalitas, efisiensi dan efektifitas kerja sehingga penulis tertarik mengangkat permasalah One Stop Service sebagai lembaga strategis yang dapat lebih efektif memberikan pelayanan prima pengadilan.